Thursday, February 28, 2013

Belitung (2009)

Ikutan happening sama Film Bioskop Laskar Pelangi ?? .. iyesss ..
Salah 1 film Indonesia yang paling aku sukai, tapi Laskar Pelangi yang 1 yaaaa... intinya sih, berurusan sama cita-cita n reach your dreams...i love it.

Jatuh cinta sekalian pulak sama settingnya, dan aku n ndru pun memutuskan untuk spend our honeymoon ihiiiyyy... di Belitung.
Its a Thin Island awalnya. Pulau yang tidak menarik kecuali jaman sekolah SD n disuruh ngapalin daerah-daerah penghasil alam, Belitung is one of them. Sekian...sampai ada film Laskar Pelangi yang mempopulerkan keelokan pesona alamnya. Masuk dalam 1 teritory justru yang lebih terkenal pulau saudaranya yaitu P. Bangka. Udah si, pengetahuanku tentang P Belitung cm segini, sisanya silahkan gugling sndiri yaaa.

Peta P Belitung

Berangkat pagi, ke nikahannya ranti-bimo dl , abang taxi disuruh nunggu, koper ditinggal di taxi..sudah selesai acara.. yuukk mariii kita menuju erpot, untuk terbang ke belitung yeaaayyyy..

Sampailah kami di Bandara Udara Tanjung Pandan. ni bandaranya jauh lho dari kota Tanjung Pandannya, naik mobil 30menitan. Kalau naik "taxi" musti nego harga, kira2 50ribu 1 org atau, 150rb 1 mobil kijang. Tapi kami dapat rejeki, tiba-tiba ada yg menawarkan untuk bareng, dia PNS di Belitung, asli orang Tangerang. Menegurku karena aku bawa tas pelatihan GELS ku yang dilaksanakan di RSUD Tangerang...
Uda pake baca-baca doa terus.. Bismillaaahhh hehehe...(orang kenalan baru banget bok!!)

Kami stay di kota Tanjung Pandannya, saat itu hotel yg paling cihuy namanya Pondok Impian, ambil kamar paling VIP, udah cuma 400ribu semalam, dapet diskon pula karena lagi deket-deket hari kemerdekaan Indonesia, jadi cuma 215rb/malam... serius lho ini, paling caem hotelnya, kamar paling caem juga hahahaha we are so happy.

Kenapa milih stay di Tanjung Pandan? karena disinilah banyak keramaian, di pantainya sendiri saja banyak kayak cafe-cafe gitu..trus ada toserba, n ada ka ef ce.. yang rumornya dibikin atas permintaan kru film Laskar Pelangi..buseeetttt

Ada sih Hotel yg bagus lagi di Tanjung Tinggi namanya Lor In, tapi mengingat lampu jalan ga ada, diatas jam7 malam pasti uda gelap banget, trus ga ada apa2 selain bakalan mentok di hotel, malaylah kami... toh ke daerah Tanjung Tinggi ini bisa ditempuh 30-45menit saja dari Tanjung Pandan.

Ini pemandangan di Hotel sebrang yg sama-sama Pondok Impian, kalo pagi-pagi.. airnya surut sampe bisa jalan-jalan jauh ke tengah, kalau malam terdengar deburan ombak yg mentok sampe pinggir hotel

belum liat kecantikan pantaynya... sabaaarrr...

Malam-malam bosen, lapar.. kami main ke pantai Tanjung Pandan. Banyak cafe-cafe gitu dengan live musicnya. Disana lagi ada bazar kemerdekaan, horeee... makin ramai, eh trus kami ketemu dong sama yg tadi pagi nganter kami.. dia kenalkan pacarnya ke kami. Sambil ngobrol-ngobrol n bener-bener bersyukur Alhamdulillah, ternyata beneran bukan orang jahat yg kita cuek banget terima tawaran baiknya.
Kalo skr otak uda terkontaminasi sama Fox Crime channel hahahha... ktmu psikopat kaga jadi liburan kitah.. amit-amit (knock on wood).
N tau gaaakkkk sambil iseng ga ada yg kenal juga.. uda rada tipsy .. ikutan nyanyi dooonggg hahahahha karaoke gretong sama bandnya. Penganut no pic = hoax... kita poto2 doonngg sm seluruh personilnya...Mereka juga antusias skali ada orang kota (baca : Jakarta) ke negrinya untuk berlibur instead of Bali, Bali.. n Bali ...
As an info : ini kami masi termasuk orang yang jaraaaannggg skali datang ke Belitung ya dikala itu, ga seperti skr yg bener2 uda jadi kaya tempat happening para adventurer or traveler Indo .. kudu ke Belitung biar dibilang exsis *halah

Uda puas nyanyik..uda kenyang, cape... yuk istirahat.. besok kita explore pulau ini.

Kumpulin info kanan-kiri, sewa motor haaa?? motor ran.. iyessss enak naik motor, jalannya cakep ga ada poldur uda alus aspalnya, trus sepi n lancar... banyaak puun jadi adem...ga lupa pinjem helm skalian.. bawa tas isi baju ganti , here we go...Eh isi bensin full dulu, disini pom bensin hanya ada hari kerja means Senin - Jumat, jam 9-17 yaaa.. sisanya kalo abis bensin ya beli di kios eceran yg lbh mahal sdikit lah harganya.

We went to Tanjung Kelayang port, untuk sewa kapal , n Island Hoping ... disebrang Tanjung Kelayang adalah P apa ya lupa namanya, yg ada bukit dari susunan batu berbentuk burung.


Trus kami menuju di Bukit batuan berbentuk burung itu n main-main disana. Airnya jerniiihhh banget, trus pantainya kaya bedak bayi pasirnya alus dan putih, dengan batuan besar-besar berhamparan.



eh sempet ketemu ubur-ubur


ke P. Lengkuas and around.
Subhanallah, pemandangannya baguuuuuusssss banget. Trus di P Lengkuas ini kami berhenti. Pulaunya sepiiiiiii banget, hehehhe ... pemandangannya cantik, ada mercusuar yang kalau liat pemandangan dari atasnya, cantik banget. Dengan suguhan pantai putih bersih dan alus.


Puas main disini, kita pergi lagi ke pulau lainnya yang kurang lebih pemandangannya bener-bener sama cantiknya. Sampai sore menjelang mau gelap, kami kembali pulang. Ditemani burung-burung


Next day, kita kembali explore P. Belitung..
Kami menuju pantai Tanjung Tinggi.. n I think, this is the most beautiful beach yang aku pernah liat dikala itu. Well, ada yg bilang sih pantai mediteranian cantik-cantik banget... tapi yah kan belom pernah ksana.
Kami bener-bener full seharian disini. Pantainya bisa dijalanin sampai ujung pas pagi hari - siang, sore sih sudah kecelem air..
Lapar, tinggal nengok banyak warung seafood murah. Ada bale-bale gitu enak buat iyupiyup kami istirahat dan tidur. Nunggu sore, mulai main-main lagi di pantainya sampai mau gelap.. kulit uda makin gelap bodo amat.. barulah pulang ke hotel untuk terlelap *halah..so' ber ritme


Another day, kita explore pulau lagi...
Pergi ke Tanjung Binga.. dimana ada resto diatas bukit dengan pemandangan lembah cantik dibawahnya.. trus ke Bukit Berahu, ada cottage yg bisa buat liat sunset .. tapi ya, ini cottage karena aga masuk dl gitu kedalam baru ketemu pantai kok terkesan horor .. hiiiyy... padahal ksana siang2..ke rumah adat di pusat kota, ke museum yang nyampur sama bonbin dimana ada buaya besar di film Laskar Pelangi.. and ke kampung nelayan.


view from Tanjung Binga Resto
road to Bukit Berahu cottage
sunset at Bukit Berahu
Ditawarin pak guide ke daerah Manggar sih yg ada SD di Laskar Pelangi itu.. tp kami refuse.. buat apaan .. kami suka filmnya iya... tapi ga segitunya kaleeee menapaktilasi...hahahahha. Atau liat air terjun tapi naik gunung dl sdikit apa ya.. aaahhh malassss.. kami pantai mania, bukan gunung mania hwehehehehhe..
Dan kami memilih balik ke pantai Tanjung Tinggi di hari terakhir karena we really love that beautiful beach.

sunset at Tanjung Tinggi Beach
Its away from a perfection of honeymoon .. even i dont know what it is.. no candle light dinner, no fancy dress, no five star hotel...
But this is beyond of our imagination of  a new world, called married.
One journey, one life, n hopefully till death do us part. Amin



-ranindru, Belitung 2009-

2 comments:

  1. Saya menemukan minuman Cap Panda termurah ya di Belitung ini. Hahaha....

    -@p49it-

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaan itu minuman cap panda? yang jelas sih pas di tanjung tinggi, kami pesen cumi goreng tepung cuma 30rebu, keluar sebaskom.. buseettt seharian makan ga abis2, sampe di bawa pulang buat cemilan malam hihihihi

      Delete